Senin, 02 Desember 2019

Proses


PROSES
     Proses adalah sebuah program yang dieksekusi yang mencakup program counter, register, dan variabel di dalamnya. Menurut Silberschatz proses tidak hanya sekedar suatu kode program (text section), melainkan meliputi beberapa aktivitas yang bersangkutan seperti program counter dan stack. Proses juga melibatkan stack yang berisi data sementara berupa parameter fungsi/metode, return address, dan variabel local, dan data section yang menyimpan variabel-variabel global.
   Perbedaan antara program dengan proses adalah program merupakan suatu file yang berisi sekumpulan instruksi yang disimpan di dalam disk, sedangkan proses merupakan sebuah program counter yang menyimpan alamat instruksiyang akan dieksekusi,

KEADAAN PROSES
Proses yang sedang dieksekusi memiliki lima kondisi yang terdiri dari:
·         New: Proses sedang dikerjakan/ dibuat.
·         Running: Instruksi sedang dikerjakan.
·         Waiting: Proses sedang menunggu sejumlah kejadian untuk terjadi.
·         Ready: Proses sedang menunggu untuk ditugaskan pada sebuah prosesor
·         Terminated: Proses telah selsesai melaksanakan tugasnya/ mengeksekusi.

PROCESS CONTROL BLOCK (PCB)
    Setiap proses digambarkan dalam sistem operasi oleh sebuah process control block (PCB). PCB berisikan banyak bagian dari informasi yang berhubungan dengan sebuah proses yang spesifik, termasuk hal-hal di bawah ini:
Keadaan proses: new, ready, running, waiting, terminated, dan seterusnya.
Program counter: Penghitung yang mengindikasikan alamat dari instruksi selanjutnya yang akan                                     dieksekusi untuk proses tersebut.
·  CPU register: Register bervariasi dalam jumlah dan tipenya, tergantung pada arsitektur komputer. Bersama dengan program counter, keadaan/status informasi harus disimpan ketika gangguan terjadi, untuk memungkinkan proses tersebut berjalan dengan benar.
·       Informasi manajemen memori: Informasi ini dapat termasuk suatu informasi sebagai nilai dari dasar dan batas register, tabel page/halaman, atau tabel segmen tergantung pada sistem memori yang digunakan oleh sistem operasi.
·         Informasi pencatatan: Informasi ini termasuk jumlah dari CPU dan waktu nyata yang digunakan, batas waktu, jumlah account, jumlah job atau proses, dan banyak lagi.
·         Informasi status I/O: Informasi termasuk daftar dari perangkat I/O yang di gunakan pada proses ini, suatu daftar berkas-berkas yang sedang diakses dan banyak lagi.
·         PCB hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang dapat bervariasi dari proses yang satu dengan yang lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar